Sunday, September 29, 2013

Koleksi Jam Warna-Warni


Kalau di tanya kenapa sih sudah jaman begini masih juga koleksi jam atau arloji? Jawaban saya karena saya suka, tapi alasan sebenarnya adalah karena jaman dulu gak kuat beli dan males pake soalnya kuatir di palak atau di jambret....(kayanya kata-kata jambret sinonim dengan jam dan bret artinya dipaksa tarik sampai bunyi bret....hehehehe maksa). Anyway alasan lainnya kenapa baru koleksi jam sekarang adalah jam itu sudah seperti aksesoris yang masih layak dipake cowok tanpa takut dibilang aneh...:-)

Nah makanya jangan heran kalau belakangan saya jadi doyan beli jam alias arloji. Tentunya gak sembarang jam saya beli. Kalau umumnya cowok doyannya pake jam yang dari metal, saya malah enggak tuh. Saya malah carinya jam dari plastik atau silikon yang warna-warni. Trend ini pernah ada jaman 90-an tapi sempat meredup sebelum kembali lagi seperti sekarang. Berikut merk-merk jam warna-warni yang bisa anda cari kalau pengen koleksi seperti saya. Kita mulai dari....



Swatch.
Jam ini adalah mbahnya trend jam warna-warni dari plastik dan silikon. Merupakan upaya terakhir dari Swiss watchmaker yang kewalahan menghadapi jam-jam murah bikinan Jepang di tahun 80-an. Untuk itu sebagai jawaban mereka gak lagi nyoba bikin jam presisi, berharga mahal yang selama ini sinonim dengan Swiss. Mereka mencoba menempatkan jam sebagai fashion statement yang berganti-ganti setiap musim. Untuk itu mereka membuat jam dari plastik berharga ekonomis (relatif) yang di update sesuai musim dan tahun. Nilai ekonomisnya mereka capai dengan menggunakan proses manufaktur modern (bukan hand made seperti dulu) dan supaya gak gampang di palsu dibuat dengan sistem menyatu dengan case. Juga parts yang ada dikurangi supaya tidak kompleks.
Walau demikian daya tahannya cukup mumpuni 

dan berani memberi garansi hingga dua tahun. Kalau jam yang anda beli rusak dalam 2 tahun, bakal di ganti atau di service gratis.  Dari segi desain Swatch paling top dikalangan kolektor jam warna-warni karena desainnya yang unik dan kualitas bahannya. Bahkan ada yang bilang jam Swiss paling murah ya Swatch. Buat Indonesia sih lumayan mahal karena harganya di mulai dari 800 ribu sampai hampir 3 juta-an.

Anda bisa beli jam ini di counter resminya di mal-mal  dan karena distributornya besar (MAP) anda tak perlu khawatir soal kesediaan parts umum. Servicenya include poles gratis karena lensa jam terbuat dari plastik atau mika. Kalau anda khawatir dengan ketahanan bahan plastik anda bisa memilih seri Irony yang terbuat dari metal. Untuk anak-anak ada seri flik-flak sementara untuk wanita ada seri bijoux.









ODM
Kalau desain swatch anda rasakan kurang mainstream anda bisa memilih jam bikinan ODM. Pabrik jam asala Hong Kong ini termasuk yang juga berani urusan desain jam, bisa dibilang ekstrim malah. Selain menggunakan desain dan material yang baru juga teknologi baru macam touch screen. ODM juga bekerjasama dengan beberapa desainer fashion terkemuka seperti JC/DC dan menghadirkan desain monumental seperti 'Lego Watch'. ODM juga berani dalam menggunakan style dan teknologi terbaru misalnya LED warna atau matrix. Pokoknya kalau mau jam yang unik coba deh liat koleksi ODM. Saking seringnya pake teknologi baru desain ODM termasuk yang sulit ditiru, kalau anda mendapatkan KW-nya biasanya pasti ada fitur yang kurang.

Walau demikian mereka yang kurang berani dalam ber-fashion statement sebaiknya tidak pakai ODM karena ukuran casenya besar 3,5 - 4 cm. Warnanya ngejreng banget lagi. Di Indonesia ODM sempat menjadi trend tapi sayang hanya sesaat karena distributornya (yang juga memegang beberapa merk) tidak lagi mempunyai outlet resmi dan lebih memilih konsentrasi di brand yang desainnya lebih kalem. Harga ODM asli pun terbilang cukup tinggi meski kadang ada yang di sale kalau over stock. Buat anda yang kesulitan membeli aslinya karena alasan ekonomis bisa melirik grosir jam di Senen dimana ODM KW masih bisa didapat. Cuma satu pesannya jangan sering dipamerin karena bisa ketauan kalau KW.








ICE
Ice termasuk produsen jam baru di Indonesia, tapi karena cukup agresif brandnya mulai dikenal masyarakat. Penggunaan warna yang berani termasuk seri yang menggunakan warna putih membuat Ice makin cepat populer. Keunikan Ice adalah desainnya di update setiap 2 tahun sekali. Karena masih baru terbilang mudah mengkoleksi Ice. Anda yang suka trend warna putih bisa mengkoleksi Ice. Dari segi durabiltas pun Ice termasuk cukup tinggi karena menggunakan mineral glass bukan plastik. Di counter resminya Ice didapatkan dengan kisaran harga antara 900 - 2 juta-an. Meski desainnya berasal dari Belgia movement (mesin jam) yang digunakan adalah mesin jam dari jepang Miyota. Warna-warna yang digunakan cukup fresh walaupun modelnya banyak yang serupa. Salah satu keunikannya adalah setiap pembelian diberikan kotak jam unik yang bisa digunakan sebagai celengan. Desainnya pun mirip lego.

Sayangnya karena model desain Ice yang cenderung serupa dan sepertinya tidak dilindungi paten banyak sekali model jam lain yang mengikuti gayanya. Kalau anda lihat jam dari Furla bahkan QnQ banyak yang modelnya mirip Ice. Celakanya lagi KW-nya Ice pun sangat mirip, bahkan kalau anda tidak pernah melihat Ice yang asli anda dengan mudah tertipu karena menyangka yang KW sama seperti aslinya. Saran saya kalau memilih Ice usahakan mencari model yang khas seperti Ice atau Ice Sili.







QnQMerk QnQ sudah hadir di Indonesia sejak tahun 80-an, mulanya dikira jam China (memang di manufaktur di China) tapi sebanarnya QnQ adalah anak perusahaan Citizen salah satu pembuat jam asal Jepang. Sehingga walau harganya murah movement yang digunakan adalah Miyota juga. Harga dan banyaknya model menjadi kekuatan QnQ. Untuk mengejar harga kompetitif QnQ hanya menawarkan garansi terbatas dan nyaris tak memiliki serviceable parts. QnQ juga sering dijual tanpa menyertakan packaging apa-apa selain plastik. Makanya banyak yang memandang sebelah mata.

Desain jam warna-warni yang dipilih QnQ banyak yang terinspirasi merk-merk di atasnya. Sehingga kalau anda anti jam KW dari merk terkenal tapi tetap ingin gaya bisa memilih QnQ saja. Belakangan untuk memperbaiki image QnQ melansir QnQ attractive dan grandeux yang menjadi model flagship dengan fitur dan kualitas lebih tinggi dibanding QnQ reguler. Karena murah yang perlu anda perhatikan adalah asli tidaknya jam yang anda beli dan saking banyaknya model yang ditawarkan lebih baik anda download katalognya dari website QnQ yang di update setiap semester. Kisaran harga QnQ antara 100 - 300 ribu saja.

Segitu dulu ya, sebenarnya masih banyak merk lainnya tapi kita bahas segitu dulu deh, lainnya nyusul kalau ada kesempatan.

No comments: