Sunday, September 22, 2013

Indonesia International Motor Show


Mulai tanggal 19 September kemarin bertempat di Jakarta Expo Kemayoran digelar acara IIMS (Indonesia International Motor Show) 2013. Gelaran pameran mobil (walau ada motor sedikit), biasanya tidak pernah saya sambangi, maklum saya bukan konsumen R4. Namun IIMS kali ini sedikit berbeda karena pameran diramaikan oleh peluncuran LCGC (Low Cost Green Car) salah satu akal-akalan kebijakan pemerintah untuk menjual mobil berharga murah. Murahnya versi pemerintah lho bukan versi rakyat.

Seperti umumnya pameran pengungjung dikenakan tiket masuk yang harganya lumayan fantastis. Enam puluh ribu weekend dan Empat puluh ribu weekdays. Mau lihat barang dagangan kok mbayar ya? Pameran kali ini juga dibarengi ribut-ribut ngambeknya pak Gubernur DKI, gara-gara pemerintah cepat sekali mengeluarkan kebijakan LCGC tapi alot urusan kebijakan transportasi publik. Harap maklum™ Pak Joko soalnya ini kan urusan dagang, sementara soal transportasi publik kan urusan sosial. Cuannya lebih banyak LCGC ketimbang Transportasi publik.

Ketika saya dan istri datang sabtu kemarin ke IIMS bisa ditebak, sama seperti pameran lain berkonsep trade fair, pengunjung lebih banyak ditawari dengan agresif mobil-mobil baru seperti LCGC untuk dibeli ketimbang melihat informasi dan performa masing-masing mobil. Atraksinya lengkap ada mba-mba SPG yang cantik-cantik, ada mas-mas SPB yang ganteng-ganteng. Brosur yang sering kalau di showroom di irit-irit sekarang di umbar bebas. Ada tontonan, ada penawaran menarik buat yang punya uang, dan yang jelas banyak pengunjung yang berduit karena langsung inden

Karena kebetulan kita berdua seleranya adalah city car dan mobil kompak, maka kita lebih cenderung menyimak penampakan (yang nanti akan saya bahas di artikel berikutnya). Mulai dari Karimun Wagon R (yang benar-benar Karimun bukan Karimun palsu kayak MR), Datsun, Brio, Peugeot, Fiat, Smart dan Mini.....kok gak ada Agya dan Ayla? Maaf males liatnya karena nanti juga di jalanan banyak...Hehehehehehe. Lagian daripada ngeliatin Agya dan Ayla mending liat Toyota 86 dan Daihatsu concept car, karena lebih menarik.

Oke segitu dulu sementara sambil nunggu artikel lanjutan bisa liat penampakan model cantik di Fiat 500 ya....


No comments: