Tuesday, January 21, 2014

Planet Ban



Musim hujan kali ini sudah dua kali skywave dipaksa nerobos banjir....hehehehe mosok pake PCX ya eman tho. Akibatnya minggu lalu pas keluar dari tempat parkir ban belakangnya nyaris flat dan geal geol. Untung dekat kantor ada tukang tambal ban jadi bisa di isi angin dan buru-buru pulang sampai rumah. Besoknya pas libur di cek ban sudah nyaris rata lagi. Ternyata selain paku (jumlahnya sekitar 3-4 buah) ada satu logam tajam (sepertinya pecahan ujung besi plat) yang menancap dan sukses membuat angin ngowos keluar dengan bebas. Kalau sudah begini biarpun ban belakang Skywave dibekali tubeless type jadi dilematis. Kalau dicabut bakalan langsung kempes tapi kalau gak dicabut tetep saja jadi kempes pelan-pelan.

Dua hari saya sempat mikir gimana caranya mengatasi "cobaan" ini. Maklum sudah gak percaya model tambal cacing karena berapa kali ngalamin tambelan malah lepas ketika motor dipake sehingga nyaris celaka. Ban-nya sendiri masih lumayan bagus jadi belum terpikir juga untuk ganti. Akhirnya ban di copot coba di beri lem aica aibon tapi kok pas di pompa (pakai pompa injek) seperti anginnya tidak masuk. Oke kalau gitu dibawa ke tukang tambal ban saja di tes isi angin. Loh kok masih tetap bocor dari lubang yang kena potongan besi. Terpaksa ke tukang tambal ban tubeless. Sisa potongan besi dicabut dan ban diperkosa dengan lem cacing. Lumayan sekarang ban jadi gembung. Ban dipasang lagi dan siap beraksi untuk besok.

Ndilalah sore-sore iseng ngelus-ngelus PCX disebelah Skywave, tapi kok pas lewat liat ban Skywave sudah gembos rata lagi? Dari mana angin keluar ? Coba di pompa pake pompa injek kali ini angin masuk tapi lho kok bunyi pesss yang bukan kentut? Ternyata angin nerobos keluar dari sisi karet katup pentil yang ada di velg. Shuttt....alamat jadi repot ini. Lirik jam dinding masih setengah empat, langsung mikir cepat cari toko ban kalau tidak besok repot. Bisa sih pake PCX besok tapi sayang kalau dipake nerobos banjiran. Akhirnya setelah dipompa secukupnya dipaksakan boncengan cari toko ban...wah belum lama sudah geal-geol lagi buru-buru cari tukang tambal ban dan tambah angin di ban. Terus motor dipacu ke arah perempatan Kemayoran-Pasar Baru kalau ndak salah ingat disekitar situ ada toko ban motor.




Yak setelah deg-degan sampai juga di perempatan minggir ke kiri ada toko ban motor. Namanya Planet Ban ini toko terkenal karena merupakan chain store yang cabangnya ada dimana-mana. Coba tanya ke mbak-mbak yang jaga punya pentil gak? Ada tapi gak terima kalau cuma beli dan minta dipasang. Lha terus saya tanya kalau gitu apa jual ban 16? Eh ternyata ada ya sudah deh beli saja biar lebih yakin dan aman. Di kasih pilihan 2 merk ada Michelin dan Swallow. Sebenarnya pengen pake Michelin sayang ukurannya masih standar 80/90. Sementara ban yang lama adalah CST 100/80 dan handlingnya pas. Ya sudah coba pake Swallow 100/80 deh siapa tau sudah mendingan sekarang. Akhirnya pilih Swallow Venom 100/80 + pentil baru + cairan anti bocor M-One. Total jendral habis sekitar 330 ribu.




Kalau ditanya apakah harga ban di Planet Ban mahal? Ya mungkin saja lebih tinggi, apalagi mengingat sekitar 5-7 km dari situ ada pusat onderdil motor paling komplit di Indonesia, Bonjer. (Sebenarnya sih gak paling komplit wong nyari helm Ink aja gak ada kok di Bonjer yg ukuran XL). Pasti gampang nyari ban dengan harga lebih murah disana. Tapi melihat pelayanan di Planet Ban cukup profesional ya harga mahal tadi ketutup. Apa sih yang paling nyebelin dari masang ban di tempat lain? Velg lecet...dah pernah nyoba masang ban di Otista atau di Bonjer dijamin sedih karena Velg mulus jadi lecet-lecet. Di Planet Ban proses copot pasang ban pakai alat-alat yang komplit mulai dari kunci baut yang ukurannya pas sampai mesin buat ngelepas ban seperti di ban mobil. Proses lepas pasang ban pun jadi cepat dan akurat ndak sampai 10 menit sudah beres. Ya sudah setelah bayar langsung tancap gas pulang.

Sumber foto: usahajendral, blognyamitra

No comments: