Saturday, January 18, 2014

New Honda PCX 2014



Sebenarnya saya belum mau menulis soal New Honda PCX 2014 ini di blog saya. Pertama karena blog saya bukan blog berita dimana harus selalu up to date dan mengejar-ngejar pengunjung/pembaca. Kedua karena berita yang di dapatkan sifatnya masih simpang siur dan belum akurat sehingga dikuatirkan banyak terjadi salah terjemahan. Tetapi karena blog dan tabloid lain ngotot memberitakan dengan gencar dan kadang kala jadi sedikit 'ngaco' rasanya diperlukan tulisan yang jauh lebih benar, paling tidak karena berdasarkan berita resmi.



Gimana sih ngaconya? Pertama di tabloid otomotif terbesar Indonesia ini :



Disitu jelas-jelas ditulis : 
" Kapasitas laci di bawah setang juga bertambah 74 persen, kini bisa menampung botol 500 ml. Posisi tangki bahan bakar masih berada di area pijakan kaki, kapasitasnya tetap 8 liter.

Kunci immobilizer-nya kini dilengkapi juga dengan fitur tambahan. Yaitu dapat mengatifkan alarm dan lampu parkir, enggak perlu bingung lagi mencari posisi motor ketika memarkirkan Honda PCX kesayangan." 

Bahwa kapasitas tangki bahan bakar tetap 8 liter...:-D sejak kapan? Di brosur PCX 125 yang saya punya dan bahkan di situs Honda sendiri:http://world.honda.com/PCX/spec/ ditulis bahwa tangki PCX 125 dulu cuma 6,1 liter. Bahkan di versi PCX 150 seperti yang saya punya di brosurnya dan di situs ini : http://powersports.honda.com/2013/pcx/specifications.aspx ditulis kapasitas tangki cuma 5,9 liter alias sekitar 1,6 gallons. Jadi seharusnya ditulis kapasitas tangki meningkat menjadi 8 liter. 



Di alinea ke-2 ditulis bahwa kunci immobilizer-nya. Wah hebat ya sudah ada immobilizer sementara di gambar yang ada dan berbagai press release tidak sedikit pun di singgung-singgung soal immobilizer...
Gambar komparasi kunci Honda PCX lama dan baru...




Dari gambar jelas terlihat di kunci baru (gambar atas) hanya ada tambahan tombol bertuliskan Answer Back yang jika ditekan akan berfungsi untuk memberitahukan posisi parkir motor ada dimana dalam bentuk bunyi pendek alarm di PCX. Tombol lain adalah set dan unset yang berfungsi untuk mengaktifkan dan men-non aktifkan alarm.


Bahkan di forum luar sampai ada yang menjelaskan bahwa PCX baru berkapasitas 149 cc (turun dari sebelumnya 153cc) dan menjadi 4 valve (naik dari 2 valve) padahal nyaris tidak ada yang berubah dari mesin PCX yang tetap hanya hadir dalam dua varian yaitu 125 cc (124,9cc) dan 150 cc (153,9 cc).




Sejauh yang saya dapatkan (nantinya akan saya update begitu detail jelasnya saya dapatkan), perubahan pada PCX 2014 adalah pada styling body yang menjadi lancip dan tegas. Termasuk behel belakang yang menggunakan style Honda Forza (saya duga untuk memudahkan pemasangan bracket top box). Lampu yang sekarang menggunakan tipe LED untuk (Main, Signal, Brake, DRL) dan sekarang dilengkapi switch hazard. Klaimnya penggunaan lampu LED menghemat energi sampai 60% otomatis dengan penggunaan lampu tipe LED style juga berubah (yang menurut beberapa orang termasuk saya menjadi kurang elegan).



Laci depan berpenutup yg mekanismenya dirubah seperti laci mobil (cukup di tekan untuk menutup dan membuka) dengan peningkatan kapasitas sebesar 74% sehingga muat botol air 500ml dan didalamnya dilengkapi outlet charger (lighter outlet) sebesar 12 volt.




Peningkatan kapasitas tangki menjadi 8 liter terlihat juga di barengi dengan perubahan desain engsel panel penutup akses tangki bensin. Rumah kunci juga mendapat update karena sekarang dibekali lampu untuk memudahkan kala gelap (aktif ketika tombol answer back ditekan). Desain jok juga berubah menjadi desain 'monolithic' karena keluhan konsumen PCX di AS dan Eropa yang terganggu oleh adanya hump/back rest. Selain itu engselnya memiliki stopper sehingga tidak langsung menutup kala jok di dorong dalam keadaan terbuka.



Sektor terakhir yang terlihat secara fisik adalah penggunaan material compound ban yang baru sehingga klaimnya lebih minim friksi (akankah lebih licin?) untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Sektor instrumen indikator juga di update sekarang indikator digital lebih terintegrasi dengan speedometer. Selain itu juga ditambahkan fitur baru yaitu adanya fuel eficiency meter dan jam melengkapi odometer, tripmeter dan fuel gauge.




Perubahan lain yang tidak terlihat adalah digunakannya tipe aki baru yang lebih tahan lama YTZ8V dari tipe sebelumnya YTZ7S. Fasilitas pembacaan arus di modul ISS sehingga meminimalkan penurunan daya aki karena aktifnya ISS. PCX baru ini akan hadir dalam pilihan warna sebagai berikut: Pearl Cool White, Pearl Nightstar Black, Moondust Silver Metallic, Pearl Siena Red, Matt Carbonium Grey Metallic, Pearl Havana Brown di Eropa. 






No comments: