Thursday, November 28, 2013

Musim hujan telah tiba siap-siap mencuci motor...



Bulan November telah tiba, saatnya kita menghadapi musim penghujan. Walau udara tak lagi panas untuk berkendara tapi jalanan becek dan cipratan lumpur siap menerpa. Saatnya harus sering bersih-bersih motor. Setelah sekian lama mempertimbangkan akhirnya saya membeli sebuat Jet Washer atau istilah tepatnya adalah High Pressure Cleaner. Perangkat ini sederhanya adalah pompa yang mampu mengalirkan air dengan kecepatan tinggi, sehingga dapat merontokkan kotoran yang melekat pada kendaraan maupun pada obyek lain yang tahan semprotan air bertekanan (termasuk kisi-kisi AC atau bahkan kotoran pada lantai rumah).



Biasanya kendala pembelian alat ini di rumah tangga menengah ke bawah adalah konsumsi watt yang terbilang tinggi. Maka ketika ada jet washer portable dengan daya 500 watt, segera menjadi favorit banyak orang. Kebetulan di C4 jet washer ini dijual dengan merk Mcculloch (FH80E). Kadang jet washer ini di diskon sehingga stocknya cepat habis. Sayangnya saya membelinya ketika harganya sedang harga normal. Jet Washernya sendiri walau mengaku bermerk Mcculloch, build qualitynya agak kasar dan ketara sekali dibuat di China. Buku manualnya (yang wajib berbahasa Indonesia pun) kurang lengkap menjelaskan petunjuk perakitan sehingga misalnya untuk melakukan lock pada tangkai spray gun saya harus melalui trial & error. Untunglah karena sederhana jet washer bisa segera digunakan.

Hasilnya lumayan bagian yang sulit dijangkau jadi lebih mudah dibersihkan, hanya saja untuk kotoran yang sudah berkerak tetap harus digosok dengan tangan atau chamois. Mungkin shampoo motor yang digunakan juga akan berpengaruh yang jelas efektifitasnya masih dibawah steam yang memang pasti sanggup mengencerkan segala jenis kotoran. Pada saat menggunakan jet washer pastikan pasokan air dari keran cukup stabil dan hati-hati dalam menyetel kekuatan dan fokus semprot karena tekanan yang tinggi dapat mengakibatkan cedera atau menimbulkan kerusakan.  

No comments: